Rabu, 23 Februari 2011

Tugas Matematika dan IAD


Data Statistik Mengenai Penggila Jejaring Sosial Facebook


Tugas pertama matematika dan IAD softskill kali ini mencari sebuah pengaplikasian matematika dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan psikologi. Setelah kesana kemari mencari ide dan satu kali merubah kasus, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan facebook sebagai bahan tugas kali ini. Mengapa facebook? Karena selain facebook merupakan bahan perbincangan yang sedang hot, saya dapat dengan mudah menggunakan data tentang facebook menjadi sebuah data penelitian yang dipandang dari sisi psikologi.


Facebook, merupakan salah satu jejaring social yang beberapa tahun belakangan telah ramai diperbincangkan. Tidak hanya diperbincangkan, dari beberapa jejaring social yang telah ada, facebook merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Resmi dibuka di Indonesia pada tahun 2006 dan merupakan Negara terbesar kedua. Berdasarkan survei Inside Facebook yang dilakukan emarketer 1 Januari 2010, Indonesia sudah mencapai sebesar 15.301.280 pengguna facebook setelah Amerika sebagai negara terbesar pertama sekaligus merupakan negara asal facebook. Zuckerberg (14 Mei 1984), pendiri facebook yang merupakan salah satu mahasiswa dari Harvard University yang kini telah menjadi seorang milyarder muda berkat ciptaannya, yang dapat dikatakan sebagai hasil dari “iseng-iseng” bersama kedua temannya.


Setelah membicarakan facebook kesana kemari, apakah yang akan dijadikan kasus sebagai tugas kali ini? Yang akan dijadikan kasus adalah, seberapa sering dan seberapa pentingkah facebook bagi para penggunanya dilihat dari sisi psikologis.


Berikut 10 orang yang saya survey sekaligus alasan membuat account jejaring social facebook:
1.      Indri yani lestari, seorang karyawati yang berumur 27 tahun mengaku menjadi salah satu pengguna facebook karena ingin mencari teman lama.
2.      Eni Maisaroh, mahasiswi berumur 23 tahun alasannya adalah untuk sekedar sharing fikiran.
3.      Suhardomo Djasmine, karyawan berumur 36tahun ini beralasan bahwa menggunakan facebook sebagai media silaturahmi dengan teman-teman lama.
4.      Nur Hidayat, seorang mahasiswa berumur 18 tahun mempunyai alasan sebagai trend zaman sekarang yang wajib diikuti.
5.      Andini Kartika Ayu, seorang karyawati berumuru 18 tahun beralasan yang sama bahwa facebook sebagai trend masa kini yang wajb untuk diikuti.
6.      Linda Anggraeni, karyawati berumur 18 tahun ini beralasan bahwa facebook sebagai salah satu sarana informasi dan mengisi waktu luang.
7.      Adji Bulan Ayudinda, karyawati berumur 20 tahun ini beralasan bahwa facebook dijadikan sebagi sarana untuk berdagang dan mencari customer.
8.      D.Com Tech, sebuah nama bisnis online beralasan bahwa facebook sebagai sarana berbisnis online.
9.      Nike Ade Susanti, mahasiswi 19 tahun beralasan bahwa untuk mengikuti zaman.
10.  Ahmad Syahroni, karyawan 18 tahun beralasan bahwa untuk mengikuti zaman.


Data statistic yang diperoleh adalah sebagai berikut:
a.       1.Untuk mengikuti zaman, sebanyak 4 orang
b.     2. Untuk berbisnis, sebanyak 2 orang
c.       3.Untuk silaturahmi dan berjumpa dengan teman lama, sebanyak 2 orang
d.     4. Untuk share fikiran, sebanyak 1 orang
e.      5. Untuk mengisi waktu luang, sebanyak 1 orang


Dari data yang telah diperoleh dapat kita analisis bahwa, 40% dari pengguna facebook beralasan menggunakan facebook sebagai alat untuk mengikuti perkembangan zaman, 20% untuk berbisnis, 20% untuk bersilaturahmi, 10% untuk sharing fikiran dan 10% untuk sekedar mengisi waktu luang.


Apabila dilihat dari segi psikologi, mereka yang beralasan mengikuti zaman adalah orang-orang kebanyakan yang selalu ingin memanfaatkan perkembangan zaman dan tidak ingin dianggap kolot ataupun ingin dianggap gaul.


Untuk beberapa orang yang beralasan sebagai sarana berbisnis, mereka adalah sosok pebisnis yang selalu melihat peluang dimanapun mereka berada. Mempunyai jiwa berdagang  yang sangat tinggi, dan pandai untuk menarik konsumen.


Beberapa orang yang beralasan untuk silaturahmi dan berjumpa dengan teman lama, mereka merupakan sosok yang tidak mudah melupakan masa lalu. Mereka mempunyai jiwa kekeluargaan yang sangat kental dengan kerabat-kerabat yang mereka kenal baik kerabat baru maupun lama.


Beberapa orang yang beralasan untuk share fikiran, dapat dikatakan mereka merupakan sosok yang terbuka dan dapat dengan mudah menyampaikan isi fikirannya melalui media apapun dan oleh siapapun.


Terakhir merupakan beberapa orang yang beralasan menggunakan facebook sebagai sarana mengisi waktu luang, mereka merupakan bebrapa orang yang mempunyai banyak waktu luang dan mudah bosan dengan sesuatu sehingga dapat dikatakan sering mencari kesibukan baru dalam suatu hal.



Sumber data :
http://hobyfarlet.blogspot.com/2010/03/fungsi-facebook-dan-kegunaan-facebook.html

2 komentar:

D.Comp Technology mengatakan...

jadi enak namanya di pajang... :D

fitri nurhayati mengatakan...

hahhaha.. pinjem nama yaa :P

Posting Komentar

 

Copyright © let's make a change. Template created by Volverene from Templates Block
WP by WP Themes Master | Price of Silver